Laman

Jumat, 20 Mei 2016

Mental Ditempa Dari Latihan

Oleh : Irkham Zamzuri

Ngomong itu gampang!
Memberi nasihat ke orang itu mudah
Menyemangati tak kalah enaknya
Tapi pertanyaannya adalah
Apakah kita memahami apa yang sedang kita omongkan? Kita nasihatkan?

Yang mengalami masalah itu orang lain bukan kita,
kita gak tau rasanya,
Jangan pura-pura sok ngerti!

Seorang teman pernah bilang ke saya,
masalah itu harus dihadapi,
bukan dihindari,
harus diselesaikan bukan dibengkokkan.

Artinya? Jangan tanya,
mungkin sampai sekarang pun saya belum bisa memahami itu dengan baik.
Tapi yang saya percayai,
masalah itu memang berat,
mengacaukan semua pikiran!
Tapi itu harus diselesaikan demi menghilangkan beban di kepala yang bisa berdampak negatif.
Dilewati, bukan dilompati.
Bukan lantas mau menghilang atau justru berpura atau malah dianggap gak ada.

Kalau bisa menyelesaikan satu masalah,
aku yakin,
aku tambah kuat,
tambah pengalaman.
Di depan kalau bertemu masalah lebih besar,
aku bisa bersiap sedini mungkin.
Mentalku siap!
Gak menye-menye lagi.

Tapi kalau aku menghindar,
di depan ketemu masalah yang sama atau lebih besar,
aku jadi pengecut.
Aku jadi babi.
Tapi aku gak mau jadi babi.

Pare, 6 Mei 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar