Laman

Senin, 05 Desember 2016

Berhasrat Dengan Kuat

Oleh : Irkham Zamzuri

Sejauh yang saya pribadi pahami, hasrat adalah sebuah keinginan atau kehendak yang kokoh untuk mengejar, memperjuangkan dan mungkin pada akhirnya bisa mendapatkan sesuatu yang dihasrati. Apapun itu lah bentuk nya, baik ilmu pengetahuan, barang pemewah tersier atau bisa jadi soal pemenuhan rasa yang menyangkut hati. Segala hal butuh diperjuangkan, bukan?

Kata “diperjuangkan” ini loh. Super sekaliii kandungan makna nya. Jauh dan Dalam. Susah sekali rasa nya untuk dijabarkan, karena “perjuangan” itu tidak boleh dibakukan atau disamaratakan, berbeda, setiap orang berhak mentafsirkan perjuangan dan makna nya.

Saya mencoba membayangkan, kondisi nya seperti ini. Ada seorang pemuda, sebenarnya sudah bisa disebut laki-laki dewasa (baca: pemula), passionate, kira-kira. Dia punya mimpi, merenungkan apa itu mimpi, kemudian berusaha untuk memahami apa itu hasrat, dan ternyata bisa paham dengan sangat baik pula apa itu perjuangan. Sedari kecil dia sudah diajari bekerja untuk mendapatkan sesuatu oleh nenek, ketika ditinggal merantau bapak ibuk nya. Setiap pagi-pagi sekali, jam 4 tepat, harus bangun dan membantu si nenek “angkut-angkut” (memindahkan barang dagangan dari dapur ke tepi jalan raya di ujung desa) sayur tumpang, bubur, gorengan dan pelengkap sarapan khas pedesaan era 2000an. Mimpi, hasrat, perjuangan. Rasanya masa depan cerah segera di genggaman.

Tiba-tiba, dia mendengar tentang law of attraction, hukum tarik menarik, seperti itu. Dimana, sebelum mendapatkan sesuatu  yang kita inginkan atau kehendaki, ternyata semua hal harus disertai keyakinan terlebih dahulu. Yakin. Yakin kalau si A itu nanti, pasti akan saya dapatkan. “Saya yakin”, teriak lantangnya dalam hati. Begitulah pemuda pemula itu pelan-pelan bertumbuh dan berkembang di tengah-tengah keterbatasan.


Ah ... seperti apa rasanya. Boleh aku jadi peniru mu, tuan muda pemula ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar