Laman

Selasa, 06 Desember 2016

Aku Suka Berkontemplasi

Oleh : Irkham Zamzuri

Malu bertanya sesat di jalan, kan ?
Daripada tersesat kenapa tidak bertanya
Bertanya apa, kepada siapa, dan tentunya kapan saja
Karena rasa ingin tahu itu manfaatnya luar biasa.

Seorang pembelajar muda apalagi,
Modal utamanya cuma harus tetap merasa bodoh dan lapar
“Stay Foolish Stay Hungry”nya Steve Job
Membuat kita tak pernah kenyang untuk belajar.

Sekarang muncul 2 masalah besar bagi seorang pembelajar muda
Dilema, bernama semacam itu kira-kira
Esensi atau Eksistensi
Esensi itu, apa ?
Eksistensi itu, apa ?
Kenapa menjadi 2 masalah besar ?
Kalau masalah, berarti harus di pilah-pilah ?
Apakah kedua-dua nya benar adanya sebagai sebuah masalah ?
Duh ... Duh ... Duh ... Banyak tanya sekali saya. Tapi tak apa, berarti rasa ingin tahuku masih ada.
Saya bertanya, saya mencari jawaban, terkadang menemukan dan tak jarang belingsatan kebingungan.
Jadi apa yang harus saya pelajari, esensi atau eksistensi ?
Orang lain mungkin bisa membantu menjelaskan, namun untuk bisa memahaminya bagaimana ?

Akhirnya merenung adalah jawaban dari semua pertanyaan-pertanyaan. Saatnya rohani bekerja giat nan keras. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar